Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri - Hallo sahabat Masak Apa Bunda, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Camilan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri
link : Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

Baca juga


Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri  - Sosis adalah salah satu makanan yang dibuat dari daging giling yang diberi bumbu rempah dan memiliki bentuk bulat lonjong memanjang . rasanya yang enak dan gurih membuat banyak sekali orang yang menyukainya . dari anak kecil , para remaja hingga orang dewasa . sosis memang tergolong makanan siap saji yang terkenal di berbagai lapisan masyarakat .

Sehingga anda dapat menemui sosis dimana-dimana , dari warung batak, mini market hingga supermarket . banyak jenis sosis yang dijajakan disana , dari merek terkenal yang biasa muncul di iklan . hingga sosis yang memiliki merek belum terkenal dan belum diketahui kualitasnya . namanya makanan siap saji , sehingga sosis dapat langsung dimakan tanpa di masak lagi . namun bagi yang ingin menikmati sosis lebih enak biasanya sosis diolah lagi dengan di goreng atau di bakar .

Selain di goreng dan dibakar , sosis juga sering menjadi bahan campuran didalam masakan . seperti pada nasi goreng , mie goreng , mie rebus , bakmi godok , bakmie goreng , kwetiauw goreng , tumis sayur sosis , isian martabak telor , steak sosis dan lain sebagainya . pokoknya banyak sekali aneka kreasi masakan yang dapat kita hadirkan dari bahan dasar sosis ataupun sebagai bahan tambahannya saja . jika kita lihat , sosis memang sudah dikreasikan saat membuatnya agar dapat bertahan lama .

Namun anda juga harus ketahui pastinya ada bahan pengawet agar sosis dapat bertahan lama . wah , untuk anda yang suka sekali dengan sosis pastinya ngga bagus donk mengkonsumsi sosis dengan bahan pengawet secara terus menerus ? sebenarnya dengan sedikit bekerja keras dan meluangkan waktu sedikit anda sudah dapat membuat sosis homemade loh . selain enak , sosis yang anda buat langsung dari dapur anda tentunya akan lebih higienis dan aman untuk dikonsumsi .

Selain bahan-bahan yang dibutuhkan terjangkau dimana-dimana , cara membuatnya juga mudah dan tidak ribet . so , tunggu apa lagi , lindungi kesehatan keluarga anda dengan membuat sosis ayam atau sapi sendiri . nah , untuk anda yang ingin membuatnya namun tidak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya . silahkan simak artikel resep sosis ayam atau sapi yang akan kami bagikan dibawah ini .

Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

Bahan-bahan Sosis Sapi Ayam :

  • Daging sapi atau daging ayam giling 600 gram
  • Minyak goreng atau minyak apa saja yang tidak beraroma 100 mili liter
  • Es serut atau es batu yang dihancurkan 150 gram
  • Tepung tapioka atau sagu 3 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Ketumbar bubuk 1/2 sendok teh
  • Bawang putih cincang 1 sendok makan
  • Putih telur 1 

Cara Membuat Sosis Sapi Ayam :

  • Pertama-tama campur daging ayam atau daging sapi dengan sebagian es serut dan garam , aduk hingga rata . lalu masukkan minyak , aduk kembali hingga rata .
  • Setelah itu campur semua bumbu , tepung tapioka atau sagu , putih telur dan sisa es serut . aduk rata .
  • Selanjutnya masukkan adonan ke dalam plastik segitiga , tekan-tekan , dan usahakan jangan ada rongga udara .
  • Kemudian semprotkan adonan ke dalam casing sosis atau plastik es , hingga adonan habis .
  • Ikat dengan benang atau rapiah setiap 10 centi meter atau sesuai selera .


Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri
  • Didihkan air , taruh kedalam wadah lalu biarkan sebentar kira-kira 1 centi meter , baru deh masukkan adonan sosis ke dalam air panas nya dan biarkan selama 15-20 menit , angkat .


Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

  • Jika sudah langsung celupkan sosis ke dalam air dingin atau air es agar bentuknya tidak berubah . tiriskan . gunting ikatannya lalu tunggu hingga dingin . baru deh masukkan sosis ke dalam wadah tertutup dan simpan di freezer .
  • Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri siap disajikan .


Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri


Selesai , penggunaan minyak goreng disini bertujuan agar adonan sosis tidak lengket dan kalis . jika anda membuat sosis untuk anak-anak , anda dapat menggunakan eloo atau canola oil agar lebih aman dikonsumsi . oke selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep sosis ayam atau sapi yang kami bagikan kali ini . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat .

Terimakasih sudah membuaka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . jika anda menyukai Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri ini jangan lupa like atau share ke media sosial anda yah . selamat nyosiss , sekian , seeyou :)


Demikianlah Artikel Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri

Sekianlah artikel Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri dengan alamat link https://masakapabunda.blogspot.com/2015/02/resep-membuat-sosis-sapi-ayam-sehat.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri"

Post a Comment