Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka - Hallo sahabat Masak Apa Bunda, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Hidangan Pembuka, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka
link : Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Baca juga


Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka - hai bun , ketemu lagi dengan harianresep.blogspot.com yah . pastinya sudah pada tak sabar menunggu postingan artikel resep terbaru dari kami dong ? oke kalau begitu , jika sebelumnya kita sudah membagikan Resep Membuat Tumis Tofu Kapri special . kali ini kita akan terbang ke bangka untuk membagikan artikel resep salah satu masakan yang populer disana .

Bernama lempah kuning ikan salah satu kuliner asli dari bangka ini memang nikmat sekali . untuk anda yang bermukim atau punya kampung halaman di bangka tentunya anda sudah tak asing lagi dengan lempah kuning ikan ini bukan ? Rasa yang sedap dan gurih dari kuah dan ikan lembut yang menemaninya wajib sekali untuk dicoba . menggunakan bumbu rempah alami khas indonesia membuat lempah kuning ikan ini memiliki rasa yang enak dan gurih .

Sangat cocok jika disajikan bersama nasi putih hangat untuk keluarga tercinta anda dirumah . aroma kuah wangi nan sedap dari ikan tenggiri dan perpaduan rempah-remah yang kaya akan rasa membuat hidangan ini akan sangat istimewa jika dihidangkan ke seluruh anggota keluarga . nah bagi anda yang bukan asli orang bangka , anda tak perlu kesana hanya untuk mencicipi lezatnya lempah kuning ikan bangka .

Karena dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan beserta mengikuti cara membuatnya dalam resep ini anda sudah dapat membuat lempah kuning ikan sendiri dirumah . cara membuatnya mudah kok bun , bunda tak akan mengalami kesulitan dalam hal ini . karena sudah kami rangkum cara membuatny dengan begitu mudah agar semakin memudahkan anda dalam membuatnya . jadi tunggu apa lagi nih bun , segera siapkan bahan-bahan yang diperlukannya yah .

Coba tengok kulkas tuh , ada bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat lempah kuning ikan bangka ini belum yah . jika belum anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional ataupun di tempat belanja yang biasa anda kunjungi . nah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya , silahkan simak artikel resepnya dibawah ini . cekidot :D

Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Bahan-bahan Lempah Kuning Ikan :

  • Daging ikan tenggiri 500 gram ( dipotong-potong )
  • Air jeruk nipis 1 sendok makan
  • Air 1 liter
  • Lengkuas 1 centi meter
  • Serai 1 batang ( dimemarkan )
  • Air asam jawa 100 mili liter
  • Maggi blok rasa ayam 2 buah ( maggi sama saja dengan penyedap rasa )
  • Tomat 2 buah ( dipotong-potong )
  • Nanas 200 gram ( dipotong-potong )

Bumbu Halus Lempah Kuning Ikan :

  • Bawang merah 3 siung
  • Cabai merah keriting 3 buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Kunyit 1 jari
  • Terasi goreng 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Lempah Kuning Ikan :

  1. Pertama-tama balur potongan ikan dengan air jeruk hingga rata . diamkan .
  2. Selanjutnya didihkan air bersama bumbu halus , lengkuas , serai air asam jawa dan manggi blok . 
  3. Setelah itu masukkan ikan , lalu didihkan kembali sebentar .
  4. Kemudian tambahkan tomat dan buah nanas , masak sebentar hingga tomat dan nanas agak layu .
  5. Silahkan cicipi , jika anda yang kurang silahkan tambahkan bumbu sesuai selera .
  6. Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka siap untuk disajikan .

Ikan yang dibaluri dengan air jeruk nipis bertujuan agar ikan tenggiri terasa lebih segar dan dapat menghilangkan bau amisnya . kemudian penggunaan tomat dan buah nanas yang memiliki rasa asam segar akan menambah citarasa yang gurih dan nikmat . wah , jika kita melihat bumbu-bumbu yang digunakan dalam membuat lempah kuning ikan bangka ini rasa-rasanya segar sekali yah . jadi resep lempah kuning ikan ini wajib anda coba , agar anda dapat menghidangkan menu yang special untuk keluarga .

Hidangkan lempah kuning ikan selagi hangat agar terasa lebih segar , gurih dan makyus . ciptakan kehangatn keluarga anda dengan menyajikan lempah kuning ikan ini dirumah . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka yang kami bagikan kali ini yah . oh iya , jangan lewatkan resep lainnya seperti Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda .

Jika anda menyukai artikel Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka ini jangan lupa share kemedia sosial anda yah . seperti facebook , twitter atau google plus anda agar dapat memudahkan kami dalam berbagi aneka resep lainnya . sekian , seeyou :)


Demikianlah Artikel Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka

Sekianlah artikel Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka dengan alamat link https://masakapabunda.blogspot.com/2015/02/resep-membuat-lempah-kuning-ikan-asli.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka"

Post a Comment